April 14, 2024

Kompetensi

Kompetensi – Dalam dunia, mugnkin anda sering mendegar istilah atau kata “kompetensi”. Istilah ini berasal dari bahasa inggris, yaitu “competency” atau “competency” yang menunjukkan kepandaian, kemampuan, dan wewenang.

Kompetensi pada dasarnya meliputi pengetahuan, keterampilan dan atribut kepribadian seseorang yang memungkinkannya untuk meningkatkan kualitas kerjanya dan berkontribusi pada kemajuan dan keberhasilan pada sebuah organisasi. Ini adalah kombinasi dari berbagai aspek yang memungkinkan seseorang untuk berhasil dalam lingkungan kerja.

Pengertian Kompetensi

secara umum, Kompetensi dapat diartikan sebagai kemampuan dan kepandaian seseorang untuk melakukan tugas atau pekerjaan dalam bidang tertentuu, sesuai dengan jabatan atau tugas pekerjaanya.

Pendapat lain juga menyatakan bahwa itu meliputi keterampilan, pengetahuan, sikap dasar, dan nilai-nlai yang tercerminkan dari sikap dan perilaku secara tidak konsisten. Dengan begitu, kompetisi ini tidak hanya terbatas pada pengetahuan dan kemampuan, tetapi juga melibatkan kemauan untuk mengaplikasikan pengetahuan tersebut sehingga bisa bermanfaat untuk semua.

Jack Gordon pada tahun 1998 mengenali 6 aspek yang termasuk didalamnya aturan , yaitu;

  1. Pengetahuan atau Knowledge
  2. Pemahaman atau Understanding
  3. Kemampuan atau Skill
  4. Nilai atau Value
  5. Sikap atau attitude
  6. Minat atau Interest.

Kompetensi Menurut Para Ahli
Untuk Memahami secara lebih jelas tentang arti dari Kompetensi, dibawah ini adalah beberapa pendapat menurut para ahli:

  1. Stephen Robbin
    Mengartikan Kompetensi sebagai kemampuan atau kapasitas seseorang dalam melaksanakan berbagai tugas dalam suatu pekerjaan. Kemampuan ini dipengaruhi oleh faktor ilmu dan fisik.
  2. Van Looy, Van Dierdonck, dan Gemmell
    Menggambarkan bahwa itu adalah karakteristik manusia yang terkait dengan efektivitas kinerja, terlihat dari perilaku, caranya berpikir dan gaya saat bertindak.
  3. Sedarmayanti
    Menurut pendapat Sedarmayanti, merupakan ciri-ciri dasar individu yang berhubungan dengan efisiensi dalam melaksanakan pekerjaan secara efektif.
  4. A.A. Anwar prabu Mangkunegara,
    A.A. Anwar prabu Mangkunegara,  merupakan faktor mendasar yang dimiliki seseorang yang memberikan kemampuan lebih dan membedakannya dari orang lain dengan kemampuan rata-rata.UU No.13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan juga menjelaskan tentang slot gacor kompetensi kerja itu tertuju pada kemampuan setiap individu yang meliputi aspek pengetahuan, keterampilanm, dan sikap kerja sesuai dengan standar yang telah ditentukan.

Jenis Kompetensi
Para ahli telah memberikan berbagai macam penjelasan mengenai jenis dari kompetensi. Dibawah ini ada para ahli tentang jenis kompetensi:

  1. Dean Lyle Spencer dan Matthew Lyle Spencer
    Didalam buku Surya Dharma tahun 2003, Dean Lyle Spencer dan Matthew Lyle Spencer mengklasifikasi kompetensi menjadi 2 bagian:a. Kompetensi Dasar atau Threshold Competency
    karakteristik utama yang harus dimiliki seorang individu agar dapat menjalankan tugasnya dalam pekerjaan.Contoh, kemampuan menulis, membaca, dan lain-lain.

    b. Kompetensi Pembeda atau Differentiating Competency
    beberapa faktor yang memisahkan individu dengen kinerja yang tinggi dari individu dengan kinerja yang rendah.

  2. Charles E. Johnson
    Seperti yang sudah disampaikan oleh Wina Sanjaya bahwa kompetensi dikelompokkan menjadi 3 bagian:a. Personal Competency
    Personal Competency terfokuskan pada kemampuan individu dalam mengembangkan karakteristik dan kepribadian seseorang.

    b. Professional Competency
    Professional Competency itu terdiri atas kemampuan individu dalam mengeksekusi dan menyelesaikan tugas khusus yang berkaitan dengan pekerjaan tertentu.

    c. Social Competency
    Social Competency merupakan penilaian yang diambil dari kemampuan seseorang dalam menghadapi dan berurusan dengan aspek kehidupan dan interaksi sosial.
    Jadi Charles E. Johnson, terbagi menjadi dua bagian yang utama adalah Personal Competency dan Professional Competency

  3. Kunandar
    Menurut Kunandar, terdapat lima jenis kompetensi yang dapat dikelompokkan ,dibawah ini:
  1. Intelektual mengacu pada pengetahuan yang dimiliki oleh seseorang yang diperlukan untuk menjalankan tugas pekerjaan dengan baik.
  2.  Fisik merujuk pada keterampilan jasmani yang diperlukan oleh seseorang untuk berhasil menyelesaikan tugas-tugas yang terkait dengan pekerjaannya.
  3. Pribadi: Adalah perilaku yang terkait dengan kemampuan individu dalam memahami diri sendiri, mengembangkan diri, mengenali identitas diri, dan mengalami perubahan diri.
  4.  Sosial: ini adalah tertentu yang menjadi dasar pemahaman diri sebagai bentuk bagian dari lingkungan sosial.
  5. Spritiual: Merupakan bagian dari kemampuan individu untuk memahami, menghayati dan mengamalkan prinsip=prinsip keagamaan.